Tuesday, December 5, 2006

Contextual Teaching & Learning

Beberapa waktu lau ketika saja jalan-jalan di Gramedia di Balikapapan Kalimantan Timur, saya tertarik pada sebuah buku tentang metode mengajar-belajar "contextual teaching & learning". Ini sebuah konsep learning yang menjadikan kegiatan belajar-mengajar menjadi mengasyikan dan lebih bermakna. Mengapa demikian? Karena sistem belajar ini berjalan dengan mengkaitkan isi dari pembelajaran-pelajaran dengan pengalaman (konteks keadaan pribadi, sosial dan budaya) peserta belajar itu sendiri, sehingga mereka menemukan makna (hubungan) dan makna memberi mereka alasan untuk belajar. Artinya seorang pembelajar akan mau dan mampu menyerap materi pelajaran jika mereka dapat menangkap makna dari pembelajaran tersebut. Menurut saya konsep ini bagus untuk digunakan oleh kawan-kawan para fasilitator maupun para pendidik dan trainer di kalangan aktivis Ornop.

Contextual teaching & learning atau disingkat menjadi CTL merupakan perkembangan metode belajar-mengajar yang paling terkini yang berawal dari gerakan akar rumput di amrik sana. CTL menurut saya merupakan salah satu konsep yang dapat menjawab berbagai kebuntuan konsep pembelajaran saat ini yang cenderung parsial dan "kering". Konsep pendidikan kita selama ini cenderung memisahkan antara pengetahuan dan tindakan sehingga ini menyebabkan cara berpikir yang terkotak-kotak dan tidak terhubung dengan kelakuan. Pengetahuan hanya sekedar pengetahuan tanpa mampu menemukan konteksnya sehingga dapat memberikan makna (wajar saja negara ini tidak maju-maju walaupun kita cukup banyak memiliki orang-orang pandai).

Kebetulan saat ini kami sedang mengembangkan training reguler berkenaan dengan lingkungan bagi para mahasiswa, pelajar dan pemuda yang berusia sekitar 18 - 22 tahun. Sekarang sudah angkatan ke-3 dan bulan depan akan menyusul angkatan ke-4. Salah satu metode yang kami gunakan adalah accelerated learning yang juga merupakan metode belajar yang cukup canggih. Dan pertemuan saya dengan metode CTL saya kira akan semakin menyempurnakan dan menambah bobot dari training yang kami kembangkan tersebut.

2 comments:

Ithoy said...

Boleh juga neh...
Kita bikin jaringan pengguna blogger di Walhi Kalsel.
Sekalian juga promosi in B-link ya??

SEMASA said...

kaya apa tuh bos makhluk CTL